n Ceklis Ibu Hamil 7 Bulan « Acara Tingkeban

Minggu, 03 Mei 2015

Ceklis Ibu Hamil 7 Bulan

By Unknown   Posted at  03.09   Tingkeban No comments

Ceklis Ibu Hamil 7 Bulan - Menjelang usia hamil 7 bulan, semua persiapan harus sudah matang. Ceklis ini bukan hanya berisi daftar barang, tetapi juga informasi yang harus dipelajari.


Ketika kehamilan sudah hampir menginjak usia 7 bulan, tentunya kita sudah tidak sabar menunggu hari H-nya tiba. Apa saja yang perlu kita persiapkan? Inilah ceklis untuk membantu ibu hamil 7 bulan supaya tidak ada yang ketinggalan.

1) Acara 7 Bulanan, atau Baby shower

Acara ini bukan keharusan. Ada keluarga yang melakukannya, dan ada pula yang tidak melakukannya, dan bentuk acaranya tergantung adat masing-masing. Ada yang melalukan upacara 7 bulanan, ada juga yang menyelenggarakan baby shower. Tentunya acara apapun yang akan dilakukan butuh persiapan juga. Acara ini berupa kumpul-kumpul teman atau keluarga untuk menyambut kedatangan si bayi. Di acara ini, tamu-tamu memberikan kado yang dapat digunakan untuk si bayi.  Ada bagusnya juga acara ini dilakukan ketika hamil 7 bulan, sehingga bumil sudah tahu perlengkapan apa yang tidak perlu dibeli lagi. Selain ada makanan, acara ini juga diselingi dengan permainan-permainan yang lucu.

2) Perlengkapan untuk dibawa ke rumah sakit

Sudahkan menyiapkan 1 tas khusus untuk perlengkapan di rumah sakit? Siapkanlah sejak sekarang, karena hari H datang mendadak tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

3) Perlengkapan untuk bayi

Mungkin ini sudah dilakukan sejak sebelumnya, tetapi tidak ada salahnya diperiksa kembali. Karena semakin besar perut bumil, semakin sulit untuk bergerak sana sini untuk berbelanja.

4) Tempat bayi tidur

Apakah akan menggunakan ranjang bayi? Bila ya, akankah ditempatkan di kamar sendiri atau bersama ayah ibu? Sudahkan semuanya siap, termasuk faktor kenyamanannya? Ceklah apakah kawat nyamuk ada yang berlubang di kamar itu? Apakah ranjang bayi dalam kondisi bayi dan aman?

5) Membaca tentang berbagai alternatif persalinan

Walaupun sebelum hamil 7 bulan ibu sudah punya rencana ingin bersalin dengan cara yang dipilih, sebaiknya bacalah dan carilah informasi mengenai beberapa hal ini : persalinan secara normal, operasi caesar, induksi, hypnobirthing. Tujuannya adalah mempersiapkan diri bila ternyata pada detik-detik terakhir dokter menyarankan persalinan yang di luar rencana karena alasan medis.


6) Membaca tentang bayi prematur

Kita semua ingin kelahiran bayi kita berjalan lancar pada bulan ke-9. Namun tidak ada salahnya sebelum hamil 7 bulan bumil sudah membaca tentang bayi prematur, untuk berjaga-jaga bila pengetahuan ini dibutuhkan. Bila ternyata bayi lahir prematur, bumil sudah tidak ada waktu lagi untuk membaca. Jadi mulailah sejak sekarang.

7) Membaca tentang teknik pernafasan

Teknik pernafasan sangat penting dalam proses melahirkan secara normal. Baca dan praktekanlah, dan mintalah saran atau informasi dari kerabat yang pernah melahirkan secara normal.

8)  Memendekkan rambut

Bagi sebagian ibu yang hamil 7 bulan, inilah saat tepat untuk potong rambut supaya tidak ribet ketika melahirkan. Lagipula, dengan perut yang sudah besar, bumil lebih praktis dengan rambut pendek. Keramaspun jadi lebih gampang dan cepat kering.

9) Membaca tentang cara mengatasi rasa sakit

Bacalah tentang berbagai cara mengatasi rasa sakit menjelang persalinan, misalnya epidural dan cara alami seperti berendam di air hangat. Baca juga tentang berbagai posisi yang nyaman dan bagaimana suami dapat membantu mengurangi rasa sakit. Persiapkan bekal informasi ini sebaik mungkin.

10) Relaksasi dan bersenang-senang

Ya, ini penting sekali, karena menurut pengalaman semua bumil, setelah bayi lahir kita sudah tidak punya waktu untuk melakukannya lagi, setidaknya untuk beberapa bulan setelah bayi lahir. Lakukanlah selagi ada kesempatan, hamil 7 bulan adalah waktu yang tepat untuk melakukannya,

Masih ada lagi? Silakan beri komentar di bawah ini ya..(Acara Tingkeban)

About the Author

Ibu Hajjah Suhartiningsih. Perias Pengantin Berpengalaman lebih 15 Tahun. Hubungi 0821-1397-7536 untuk tentang mengenai Rias Pengantin, Upacara Adat dan Sarana Pesta.
View all posts by: Rias Pengantin Bogor

0 komentar:

Back to top ↑
Connect with Us

Hubungi Kami

Ibu Hj. Suhartiningsih

Terra Griya B-9
Jalan Raya Semplak, Bogor

Hp : 0821-1397-7536
WA : 0817-20-5958

Email : rias.pengantin.bogor@gmail.com

Total Tayangan Halaman

Lokasi Kami

© 2013 Acara Tingkeban. Distributed By Blogger Themes | WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.